Beberapa Hal Dibalik Penangkapan dr. Richard Lee

Kemarin ini jagat maya dihadirkan dengan sebuah kabar berita, dimana salah seorang dokter yang juga seorang pengguna tiktok yaitu dr Richard Lee ditangkap paksa.

Hal tersebut terjadi, lantaran karena perseteruannya antara artis Kartika Putri masih berlanjut, namun banyak yang menyayangkan cara penangkapan yang tidak layak tersebut.

dr Richard Lee ditangkap di rumahnya di Kecamatan Sako, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (11/8).

Momen penangkapan Richard Lee ini sempat diwarnai penolakan keluargan dan viral di media sosial. Istri Richard Lee, Reni Effendi sempat histeris karena suaminya itu dibawa paksa polisi.

Namun dibalik penangkapan tersebut, terdapat beberapa hal yang menjadi dasar penangkapan dokter terkenal yang satu ini.

Fakta pertama adalah karena adanya aktivitas illegal yang dilakukan oleh sang dokter, aktivitas illegal yang dimaksud adalah sang dokter mengakses Instagram yang sedang disita oleh polisi.

“Ini terjadi illegal access dan pencurian oleh seseorang. Kemudian dilakukan lidik dan sidik oleh penyidik. Berdasarkan lidik, ternyata yang lakukan illegal access dan pencurian akun di barbuk penyidik ini dilakukan sendiri oleh RL,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, kamis (12/8/2021).

Fakta kedua adalah beredar kabar bahwa RL menghapus salah satu barang bukti dengan menghapus postingan Instagram.

“Yang dilakukan oleh terlapor ini dia menghilangkan barbuk tersebut, jadi konten yang ada di akunnya tersebut yang sudah disita dihilangkan oleh yang bersangkutan,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah.

Fakta selanjutnya adalah RL mengatakan bahwa ia mengakses akun tersebut pada tanggal 6 Agustus 2021, dan sempat mempostinng beberapa video endorsement saat sedang akses akun illegal tersebut.

“Yang bersangkutan ada memposting endorse di akun Instagram-nya, di story maupun feed-nya, padahal akunnya itu sudah kami sita,” ujar Kasubdit Siber Polda Metro Jaya Kompol Rovan Richard Mahenu.

Lainnya, Richard Lee memposting video dirinya menyapa warganet dan menjelaskan terkait ‘mafia kosmetik’.

“Pada 6 Agustus 2021 saudara R memposting di akun yang telah disita oleh penyidik, dengan caption ‘Hai semua akhirnya saya kembali setelah sekian lama, ini adalah perjalanan yang luar biasa, banyak halangan, banyak hambatan’,” Rovan menirukan kembali caption pada video yang diunggah Richard Lee.

Fakta selanjutnya dalah dalam kesempatan jumpa pers yang diadakan, Kabid Humas Polda Metro Jaya menyampaikan bahwa Richard Lee jadi tersangka dan ditahan. Namun belakangan polisi menganulir dan Richard Lee tak jadi ditahan.

“Suah dilakukan pemeriksaan, tidak dilakukan penahanan dan wajib lapor dengan alasan yang bersangkutan kooperatif selama pemeriksaan,” ujar Yusri kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Sebelumnya dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Yusri menyampaikan bahwa Richard Lee menjadi tersangka dan ditahan di kasus akses ilegal akun Instagram itu.

“Sekarang RL sudah kita tetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan di Kriminal Khusus Polda Metro Jaya,” kata Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/8) siang.

Fakta terkahir adalah banyak sekali warganet yang menanggap bahwa kasus ini telah berakhir, lantaran RL sendiri sudah meminta maaf sesuai yang disepakati dengan Kartika Putri.

Komes Yusri Tunu menegaskan pihaknya mengupayakan Richard Lee-Kartika Putri berdamai. Namun pertemuan itu

“Kita sudah lakukan mediasi, sudah beberapa kali kita lakukan mediasi, namun tidak ketemu. Jadi antara pelapor dan terlapor belum terjadi satu kesepakatan terkait dengan LP tersebut,” jelasnya.